Airlangga Health Promotion Center (AHPC) Menerima Undangan The 7th AUN-HPN International advisory Commitee (IAC) Meeting dan The 3rd AUN International Health Promotion Conference di Nonthaburi, Thailand.

19 Januari 2023, Tim AHPC yang diwakili oleh Koordinator Umum, Dr. Sri Widati., S.Sos., M.Si. dan Koordinator Internal HPU, Ira Nurmala, SKM., M.PH., Ph.D. menghadiri The 7th AUN-HPN International advisory Commitee (IAC) Meeting dan The 3rd AUN International Health Promotion Conference yang diselenggarakan oleh ASEAN University Network-Health Promotion Network (AUN-HPN) bekerjasama dengan Mahidol University pada tanggal 19-20 Januari 2023 di Grand Richmond Hotel, Nonthaburi, Thailand.

Acara dihadiri oleh AUN-HPN University Members dari perwakilan 30 Universitas dan 9 anggota asosiasi dari 10 negara ASEAN yaitu, Brunei Darussalam, Cambodia, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Phillippines, Singapore, Thailand, dan Vietnam.

Acara yang digelar di Grand Richmond Hotel, Nonthaburi, Thailand ini membahas tentang bagaimana kampus menjadi kampus sehat di Asia. Ada 3 indikator utama yaitu, Sistem dan Infarstruktur, Area Zero Tolerance, dan Area Promosi Kesehatan. Sistem dan Infarstruktur terkait kebijakan tentang upaya Promosi Kesehatan, peraturan dan manajemen keselamatan dll seperti SOP Pengelolaan Limbah B3, PP Penanganan Limbah B3, SK Kawasan Tanpa Rokok, SMK3L dan Infrastruktur sehat seperti, Keamanan bangunan, Rumah Difabel, Kantin sehat, Layanan kesehatan dan pendukung aktivitas fisik. Sedangkan Area Zero Telorance seperti, kebijakan dan program terkait larangan kekerasan, perundungan, dan pelecehan seksual, larangan pelanggaran keselamatan jalan, larangan perjudian, alkohol, dan narkoba. Area Promosi Kesehatan terkait kebijakan dan program seperti kampanye perilaku hidup sehat, promosi kegiatan aktivitas fisik, perilaku menghemat energi dan air.

Dalam acara ini juga membahas tentang HURS yaitu Healthy University Rating System. HURS adalah alat yang digunakan untuk melacak kemajuan dan keberhasilan promosi kesehatan universitas. HURS dikembangkan berdasarkan Healthy University Framework (HUF). Produk inovatif Jaringan Universitas ASEAN – Jaringan Promosi Kesehatan (AUN-HPN). Dalam pengembangan HURS didukung oleh Mahidol University dan ThaiHealth Promotion Foundation. AHPC mempunyai komitmen meningkatkan status kesehatan semua sivitas akademika melalui peningkatan yaitu Healthy University Rating System.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *