Kurikulum
Training of Trainer Sobat Happy & Healthy Universitas Airlangga

Training of Trainer Sobat Happy & Healthy Universitas Airlangga

Kesehatan bukan hanya sekedar merujuk pada sehat secara fisik, namun juga sehat secara spiritual, psikis sehingga membawa mental juga menjadi sehat. Sobat Happy And Healthy (SOBY) Airlangga Health Promotion Center (AHPC) Universitas Airlangga sukses menggelar Training of Trainer Sobat Happy and Healthy. Kegiatan ini harapannya melatih peserta untuk dapat mendampingi teman-teman agar menjadi mahasiswa yang happy dan healthy. Penting untuk menjaga kesehatan fisik dan mental.

Kegiatan Training ini berlangsung pada 18 dan 19 November 2023 di Gedung Kuliah Bersama Ruang GC 2.08 Kampus C UNAIR. Kegiatan ini menghadirkan Dr Sri Widati S.Sos, M.Si dalam materinya yang bertajuk “Mengapa harus happy dan healthy?” serta dr Royke Tony Kalalo Sp KJ (K) FISCM dengan tajuk “Aku mau sehat mental dan tidak stres”

Tidak hanya itu dalam kegiatan ini turut meresmikan club SOBY UNAIR diantaranya Rumah Curhat Soby, SOS (Soby Story Club Program), SEHATI (Sehat Tubuhku, Sehat Jiwaku), Soby Reproduction Support Club yang diresmikan oleh direktorat kemahasiswaan.

dr Royke memaparkan ada komponen lain yang dapat dikatakan sebagai sehat jiwa, meliputi mengetahui kemampuan individu, mampu mengatasi masalah (koping), bisa bekerja (produktif), bisa berkontribusi dalam komunitas, dan bisa menikmati kehidupan.

Selain itu, dr. Royke juga menekankan pola psikologi adalah hal yang sering tidak terlihat sehingga perlu ditingkatkan. Keadaan abnormal atau psikopatologi yang disebut status mental membutuhkan update skill. Sehingga kondisi ini dapat menimbulkan distres dan disabilitas.

dr. Royke juga  mengusulkan hal-hal yang dapat meningkatkan jiwa. Ia merangkumnya menjadi LIFE STYLE Journal meliputi perbanyak literasi, peka terhadap kondisi Intrapersonal. Rutin melakukan aktvitas fisik, berlatih rasa emosional, dan memiliki support system.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *