12 Jenis Kartu Kredit Sesuai Fitur dan Fungsinya

https://img.freepik.com/free-photo/credit-card-payment-buy-sell-products-service_1150-16379.jpg?w=740&t=st=1679883526~exp=1679884126~hmac=4f65879565ec2b17ec8ffc160e8cd19715fbf51be081a12d8c2749b888bccefe

Kartu kredit merupakan alat pembayaran yang sangat populer di dunia saat ini. Dengan kartu kredit, Anda dapat melakukan pembayaran secara mudah dan cepat, bahkan tanpa harus membawa uang tunai.

Ada berbagai jenis kartu kredit yang tersedia di pasaran, dan setiap jenis kartu kredit memiliki fitur dan keuntungan yang berbeda-beda. Berikut adalah beberapa jenis kartu kredit yang perlu Anda ketahui.

Kartu Kredit Biasa

Kartu kredit biasa adalah jenis kartu kredit paling umum yang tersedia di pasaran. Dengan kartu kredit biasa, Anda dapat melakukan pembayaran di berbagai tempat yang menerima kartu kredit. Fitur lain yang biasanya ditawarkan oleh kartu kredit biasa adalah reward program, seperti cashback atau poin reward yang bisa ditukarkan dengan berbagai hadiah.

Kartu Kredit Premium

Kartu kredit premium adalah jenis kartu kredit yang ditujukan untuk nasabah dengan penghasilan dan pengeluaran yang tinggi. Fitur yang ditawarkan oleh kartu kredit premium lebih lengkap dibandingkan kartu kredit biasa, seperti akses ke lounge bandara, asuransi perjalanan, dan program reward yang lebih besar.

Kartu Kredit Co-Branded

Kartu kredit co-branded adalah kartu kredit yang diterbitkan oleh bank atau lembaga keuangan bekerja sama dengan perusahaan tertentu. Kartu kredit co-branded biasanya memiliki logo perusahaan tersebut pada kartu kredit dan menawarkan reward program yang terkait dengan perusahaan tersebut, seperti diskon belanja atau reward points.

Kartu Kredit Terusan

Kartu kredit terusan adalah kartu kredit yang memungkinkan Anda untuk melakukan pembayaran secara terus-menerus tanpa perlu melakukan pembayaran penuh setiap bulannya. Dengan kartu kredit terusan, Anda hanya perlu membayar sebagian dari tagihan kartu kredit Anda setiap bulannya, dan sisa tagihan akan dikenakan bunga.

Kartu Kredit Tunai

Kartu kredit tunai adalah jenis kartu kredit yang memungkinkan Anda untuk melakukan penarikan tunai dari ATM atau bank dengan menggunakan kartu kredit. Meskipun kartu kredit tunai dapat memberikan kemudahan dalam mengakses uang tunai, namun biaya penarikan tunai biasanya lebih tinggi dibandingkan dengan biaya pembayaran dengan kartu kredit biasa.

Kartu Kredit Tunaiku

Kartu kredit Tunaiku adalah kartu kredit yang ditawarkan oleh PT Amar Bank. Kartu kredit ini menawarkan limit yang fleksibel dan tidak ada biaya tahunan, serta tidak ada biaya penalti jika Anda telat membayar tagihan. Namun, kartu kredit Tunaiku memiliki suku bunga yang lebih tinggi dibandingkan dengan kartu kredit lainnya.

Kartu Kredit Virtual

Kartu kredit virtual adalah kartu kredit yang dapat digunakan untuk berbelanja online. Kartu kredit virtual tidak memiliki bentuk fisik dan nomor kartu kreditnya hanya diberikan secara online.

Keuntungan menggunakan kartu kredit virtual adalah keamanannya yang lebih tinggi, karena nomor kartu kredit Anda tidak akan terekspose secara online seperti pada kartu kredit biasa.

Selain itu, kartu kredit virtual juga bisa digunakan untuk belanja internasional dengan lebih mudah dan murah.

Kartu Kredit Syariah

Kartu kredit syariah adalah jenis kartu kredit yang mengikuti prinsip syariah atau Islam dalam pengelolaan keuangan. Kartu kredit syariah tidak menawarkan bunga atau riba, melainkan biaya administrasi yang jauh lebih rendah. Selain itu, kartu kredit syariah juga menawarkan fitur yang lebih transparan dan jelas, seperti menyediakan laporan tagihan yang terperinci.

Kartu Kredit Prepaid

Kartu kredit prepaid adalah kartu kredit yang harus diisi ulang sebelum digunakan untuk melakukan pembayaran. Sebelum menggunakan kartu kredit prepaid, Anda harus mengisi ulang kartu kredit tersebut dengan sejumlah uang yang diinginkan. Setelah itu, Anda dapat menggunakan kartu kredit prepaid tersebut untuk berbelanja di berbagai tempat yang menerima kartu kredit.

Kartu Kredit Pemula

Kartu kredit pemula adalah jenis kartu kredit yang ditujukan untuk orang yang baru pertama kali menggunakan kartu kredit. Biasanya, kartu kredit pemula menawarkan limit yang rendah dan bunga yang relatif rendah.

Selain itu, kartu kredit pemula juga dapat membantu Anda membangun kredit Anda, sehingga Anda dapat lebih mudah memperoleh kartu kredit dengan limit yang lebih tinggi di masa depan.

Kartu Kredit untuk Bisnis

Kartu kredit untuk bisnis adalah jenis kartu kredit yang ditujukan untuk perusahaan atau bisnis. Kartu kredit untuk bisnis biasanya menawarkan fitur yang lebih lengkap, seperti laporan tagihan yang terperinci dan kemampuan untuk mengatur limit kartu kredit untuk setiap karyawan.

Selain itu, kartu kredit untuk bisnis juga menawarkan reward program yang lebih besar dan berbagai manfaat lainnya untuk membantu bisnis Anda tumbuh.

Kartu Kredit untuk Mahasiswa

Kartu kredit untuk mahasiswa adalah jenis kartu kredit yang ditujukan untuk mahasiswa yang masih berkuliah. Kartu kredit untuk mahasiswa biasanya menawarkan limit yang rendah dan bunga yang relatif rendah.

Selain itu, kartu kredit untuk mahasiswa juga dapat membantu mahasiswa membangun kredit mereka, sehingga mereka dapat lebih mudah memperoleh kartu kredit dengan limit yang lebih tinggi di masa depan.

Kesimpulan

Itulah beberapa jenis kartu kredit yang perlu Anda ketahui yang telah kami rangkum dari blog ilmupustaka.my.id. Setiap jenis kartu kredit memiliki fitur dan keuntungan yang berbeda-beda, sehingga penting untuk memilih jenis kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup Anda.

Sebelum memilih kartu kredit, pastikan untuk membaca dan memahami syarat dan ketentuan dari masing-masing kartu kredit agar Anda dapat memanfaatkan kartu kredit dengan maksimal dan menghindari masalah finansial di masa depan.