Daftar Website Portal Berita Online Yang Populer di Indonesia

Halo semuanya, jika Anda sedang mencari referensi website berita online atau portal berita, pada artikel kali ini kami akan membahas beberapa contoh website berita terpopuler di Indonesia.

Alexa Rank atau Peringkat Alexa adalah alat pemasaran yang memungkinkan kita untuk menampilkan data lalu lintas situs web. Kini mereka sendiri telah menerbitkan daftar website yang paling banyak dikunjungi di Indonesia. Di antara ratusan website tersebut, ternyata banyak website berita yang mendominasi top 30. Sayangnya, peringkat Alexa sudah tidak aktif lagi tahun ini.

Berikut beberapa contoh website berita terpopuler berdasarkan data Alexa Rank, antara lain:

1. Okezone.com

Situs informasi ini diluncurkan pada tanggal 1 Maret 2007 sebagai portal online. Okezone.com sendiri merupakan cikal bakal bisnis online MNC, perusahaan media terintegrasi terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara.

2. Tribunnews.com

Tribun Digital Online adalah perusahaan pemilik tribunnews.com. Berbasis di Jakarta, perusahaan ini merupakan bagian dari Kompas Gramedia.

Berita yang disajikan bersifat nasional, regional, internasional, olahraga, bisnis dan lain-lain.

3. Grid.id

Grid.id merupakan salah satu contoh website berita atau portal online yang mendapatkan jumlah kunjungan terbanyak setiap dua hari sekali.

Website ini masih menjadi bagian dari Kompas Gramedia, grid itu sendiri tumbuh dan berubah seiring dengan data pembaca dan pemahaman tentang perilaku konsumen di Indonesia.

4. Detik.com

Situs informasi ini tidak diragukan lagi pelopor di Indonesia. Didirikan oleh P.T. Agranet Multicitra Siberkom dipimpin oleh Budiono Darsono, Abdul, dkk.

5. Kompas.com

Kompas.com juga merupakan salah satu situs berita harian yang paling banyak dikunjungi. Situs yang sudah ada sejak tahun 1995 ini merupakan bagian dari Kompas Gramedia.

6. Pikiran-rakyat.com

Jika kita mencari berita di google.com akhir-akhir ini, kita pasti akan melihat berita dari pemikiran-rakyat.com.

Pemikiran masyarakat bersumber dari surat kabar terbitan Bandung yang sudah ada sejak tahun 1966. Situs ini mirip dengan tribunnews.com yang memiliki banyak subdomain nama daerah Indonesia.

7. Kumparan.com

Kumparan tidak diragukan lagi merupakan pemain baru di industri media online. Tetap saja reel bisa langsung populer dan memiliki pembaca setia, termasuk saya hehe. Sepertinya Kumbol bisa berkembang pesat karena pendirinya sendiri adalah mantan pendiri detik.com.

8. Sindonews.com

Menurut Wikipedia, Sindonews.com didirikan pada tahun 2011 dan merupakan bagian dari okezone.com. Sindones.com bergabung dengan Sindo Media di bawah payung surat kabar Sindo.

9. Liputan6.com

Situs yang menyuguhkan berbagai berita ini didirikan pada tahun 2000 oleh PT Media Kreatif Karya. Situs ini merupakan bagian dari divisi perusahaan Elang Mahkota Teknologi.

10. Suara.com

Situs ini didirikan pada tahun 2014 oleh PT Akadia Media Nusantara. Portal berita yang berbasis di Jakarta ini memiliki slogan “Tanpa Pentingnya Suara Lain” dengan slogan “Jujur, Seimbang, Mandiri”.

11. Merdeka.com

Situs merdeka.com merupakan situs turunan dari Kapanlagi.com. Didirikan pada tahun 2011 oleh Steve Christian, Merdeka telah tumbuh menjadi salah satu outlet berita paling dihormati di Indonesia.

12. Idntimes.com

Milenial atau Generasi X pasti sudah tidak asing lagi dengan portal online idntimes.com. Konten-konten yang disajikan dalam situs ini sudah tidak asing lagi atau ditujukan untuk kalangan muda dalam kategori umum seperti politik, hukum, teknologi dan lain-lain.

Idntimes.com juga mendukung konten buatan pengguna. Artinya, pembaca yang memenuhi kriteria tertentu dapat berkontribusi dalam penulisan berita dan menerima imbalan atas teks yang diterbitkan.

13. Viva.co.id

Situs ini awalnya bernama vivanews dan dijalankan oleh PT. Viva Media Baru, anak perusahaan PT Visi media Asia, yang juga mengoperasikan perusahaan penyiaran seperti tvone dan antv.

14. Kapanlagi.com

Menurut Wikipedia, situs berita Kapanlagi.com didirikan pada tahun 2003 dan kini menjadi situs referensi berita hiburan.

Selain keempat belas website tersebut, terdapat situs informasi lain yang sangat menarik seperti:

Trenbaru.com
Tirto.com
dan lainnya

Itu adalah beberapa contoh website berita yang sangat populer dengan banyak pengunjung harian ke Indonesia. Semoga memberikan informasi bagi anda yang ingin memulai website portal atau media berita online.