Perbedaan Ayam Geprek Dan Ayam Penyet? Yuk Simak

https://img.freepik.com/premium-photo/balanced-lunch-with-grilled-chicken-salad_177613-3279.jpg?w=740

Anda pasti tahu masakan ayam geprek dan ayam penyet. Namun tahukah Anda perbedaan Ayam Geprek dan Ayam Penyet. Meskipun masakannya terlihat sama, ternyata masakan tersebut sebenarnya adalah masakan yang berbeda.

Ayam geprek dan penyet ayam adalah masakan ayam dengan sambal, tapi ada yang membedakan kedua masakan tersebut. Berikut perbedaannya.

Ayam Geprek

Ayam Geprek adalah ayam yang dilumuri sedikit tepung dan digoreng. Setelah digoreng, ayam kemudian digeprek dan dicampur dengan sambal ulek. Ayam goreng tepungĀ  sebaiknya digeprek sampai lepas dari tulangnya dan tercampur rata dengan sambalnya.

kata Geprek berasal dari bahasa Jawa yang memiliki arti dipukul atau ditekan. Alhasil, ayam goreng tepung akan terurai sehingga lebih mudah dimakan. Sambal yang digunakan bisa apa saja mulai dari sambal bawang, sambal korek, sambal ijo, sambal terasi, dll, tergantung selera.

Ayam geprek memang jadi sajian cepat saji bercita rasa Indonesia. Ayam goreng tepung diketahui berasal dari Amerika Serikat. Namun pada sajian ayam geprek, ayam goreng tepung disajikan dengan sambal khas Indonesia. Ayam Geprek mengandalkan kekuatan adonannya untuk penyajiannya.

Ayam Penyet

Sedangkan jika ayam geprek menggunakan ayam goreng yang dilumuri tepung, berbeda dengan ayam penyet. Ayam Penyet adalah masakan ayam bumbu kuning dengan kemudian ditambah sambal.

Untuk mendapatkan ayam yang enak, Anda membutuhkan berbagai bumbu dan rempah-rempah. Misalnya ketumbar, kemiri, kunyit, lengkuas, daun salam, bawang merah dan bawang putih. Untuk masakan ayam penyet ini Anda wajib mencoba menu Ayam Penyet dari Ayampenyetsurabaya.com dengan menggunakan ayam pilihan dan bumbu rempah pilihan sehingga menciptakan cita rasa yang berbeda.

Setelah dibumbui, ayam harus dimasak lama dengan api kecil agar bumbu meresap dengan sempurna dan tekstur daging menjadi sangat empuk. Nah, teknik memasak ini disebut ungkep dalam bahasa Jawa. Setelah ditiriskan, ayam kemudian digoreng hingga berwarna cokelat keemasan.

Setelah matang, ayam kemudian dipenyet atau ditekan dengan ulekan agar potongan ayam agak pipih. Kemudian ditambahkan sambal pada ayam sesuai selera.

Nah, itulah perbedaan Ayam Geprek dan Ayam Penyet. Mana yang paling sering Anda makan?