Tips Masuk ke Bandara Juanda Bagi yang Pertama Kali Naik Pesawat

https://img.freepik.com/free-photo/woman-walks-along-airport-with-suitcases_93675-131318.jpg?w=740&t=st=1678839720~exp=1678840320~hmac=e8156f7484ea2fe2fa541ab1fcf0495e87c1a7adc5e25dc4f37d179e7a1a2d73

Masuk ke bandara Juanda, Surabaya untuk pertama kali dapat menjadi pengalaman yang menegangkan bagi sebagian orang.

Namun, dengan persiapan yang tepat dan pengetahuan yang cukup, masuk ke bandara Juanda bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan. Berikut adalah beberapa tips untuk masuk ke bandara Juanda untuk pemula:

Persiapkan diri dengan baik

Pastikan Anda sudah mempersiapkan diri dengan baik sebelum masuk ke bandara Juanda. Sebaiknya Anda memilih pakaian yang nyaman dan mudah untuk bergerak, serta membawa perlengkapan pribadi seperti hand sanitizer, tisu basah, dan earplug. Pastikan juga Anda sudah makan dan minum sebelum masuk ke bandara.

Tiba di bandara lebih awal

Tiba di bandara lebih awal memberikan Anda waktu untuk melewati proses keamanan dan menemukan tempat check-in tanpa terburu-buru. Sebaiknya Anda tiba di bandara setidaknya 2 jam sebelum keberangkatan pesawat untuk domestik dan 3 jam untuk internasional.

Bagi Anda yang jauh dari bandara Juanda seperti misal dari Kota Batu, Anda bisa menggunakan layanan travel Batu Juanda dari Nahwa Travel yang bisa mengantarkan ke Bandara Juanda dengan tepat waktu.

Mengenal daerah di dalam bandara

Sebelum masuk ke bandara Juanda, pastikan Anda sudah tahu daerah-daerah penting di dalam bandara seperti area check-in, area keberangkatan, area kedatangan, toilet, dan restoran. Hal ini akan membantu Anda untuk menghemat waktu dan menghindari kebingungan ketika berada di dalam bandara.

Persiapkan dokumen yang diperlukan

Pastikan Anda membawa dokumen yang diperlukan seperti tiket pesawat, paspor (jika diperlukan), dan kartu identitas seperti KTP atau SIM. Pastikan juga dokumen-dokumen tersebut masih berlaku dan tidak expired.

Ikuti prosedur keamanan

Prosedur keamanan di bandara termasuk pemeriksaan barang bawaan, pemeriksaan tiket, dan pemindaian tubuh. Pastikan Anda mematuhi semua prosedur ini dan mengikuti instruksi dari petugas keamanan. Pastikan juga Anda tidak membawa barang-barang yang dilarang seperti senjata, bahan peledak, atau cairan dalam jumlah besar.

Mengenal boarding pass

Boarding pass adalah tiket elektronik yang diberikan setelah check-in yang berisi informasi tentang nomor penerbangan, waktu keberangkatan, dan nomor tempat duduk. Pastikan Anda sudah memiliki boarding pass sebelum naik pesawat.

Cari gerbang keberangkatan Anda

Setelah mendapatkan boarding pass, cari gerbang keberangkatan Anda. Pastikan Anda sudah tahu di mana gerbang tersebut berada dan berapa waktu yang dibutuhkan untuk mencapainya. Jangan terlambat dan pastikan Anda sudah berada di dekat gerbang keberangkatan sebelum waktu keberangkatan.

Itulah beberapa tips untuk masuk ke bandara Juanda untuk pemula. Ingatlah bahwa masuk ke bandara Juanda adalah pengalaman yang biasa dilakukan setiap hari oleh jutaan orang. Jangan takut dan nikmati pengalaman Anda!