Tips Mengikuti Lomba Kompetisi Nasional Untuk Pertama Kali

https://cdn.pixabay.com/photo/2019/09/26/08/36/holding-4505387_960_720.jpg

Sebagai makhluk sosial yang memiliki ruang untuk tumbuh dan berkembang, banyak dari Anda pasti baru pertama kali mengikuti kompetisi atau hanya ingin ikut. Tentu saja, Anda akan merasa tidak memiliki pengalaman dan bahkan tidak ada tandingannya di antara kompetitor lainnya.

Namun jangan khawatir, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan saat pertama kali mengikuti perlombaan. Silahkan disimak!

Memahami materi

Setiap kompetisi harus memiliki materi dan tema tertentu. Seperti lomba menulis bertema sains, lomba film bertema cinta, atau lomba baca puisi bertema perjuangan.

Sebagai kandidat pertama kali, Anda harus terlebih dahulu belajar memahami materi. Materi apa yang dilombakan dan jenis konteks apa yang diminta.

Misalnya, Anda mengikuti kompetisi film pendek. Film tentang ibu diterima. Berfokus pada tema ibu, perlu dipahami bagaimana menempatkan ibu dalam konteks film dan tidak hanya sekedar memerankan karakter ibu.

Anda juga dapat meneliti alur cerita yang terkait dengan film induk, seperti Apa yang baik dan pantas.

Riset

Meneliti lomba pertama Anda adalah sesuatu yang benar-benar Anda butuhkan.

Lakukan riset untuk lebih memahami materi kontes yang Anda ikuti. Anda juga harus paham bahwa pencarian saat ini bukanlah pencarian sembarangan lho!

Untuk melanjutkan contoh kompetisi film pendek, Anda bisa memulai dengan teknik sinematik. Bagaimana teknik mempresentasikan, mengambil foto, dan menyampaikan emosi secara efektif dalam klip video.

Gradasi warna juga dapat diperhitungkan dalam film, sehingga efek sinematik lebih terasa dan enak dipandang mata.

Selain itu, pasar yang ada juga bisa dipahami ketika film ibu bernada sedih atau lucu lebih diminati.

Perhatikan persyaratan

Persyaratan manajemen lomba tidak boleh dilupakan.

Selain fakta bahwa persyaratan memainkan peran penting dalam penilaian, persyaratan umumnya tidak dapat digugat atau diubah.

Misalnya, kompetisi film pendek yang Anda ikuti memiliki beberapa syarat, tidak lebih dari 30 menit, dibatasi tujuh putaran dan tidak lebih dari tiga aktor.

Anda harus memenuhi persyaratan ini. Karena biasanya pihak penyelenggara menentukan persyaratan berdasarkan beberapa unsur. Jadi baca baik-baik ketentuan yang tersedia ya!

Lihat riwayat kompetisi

Selain di atas, Anda juga bisa melihat riwayat balapan sebagai contekan.

Misalnya, kompetisi yang Anda ikuti biasanya berlangsung dua tahun sekali dan sudah berjalan sejak 2015. Tentu saja, ada banyak latar belakang. Anda dapat melihat daftar pemenang dan bagaimana mereka membuat film tersebut.

Anda juga bisa melihat daftar juri yang menilai dan kebiasaan mereka menilai film.

Dengan contekan ini kamu bisa mendapatkan poin lebih banyak karena bisa menyesuaikan dengan selera penyelenggara dan juri.

Diskusi dengan para ahli

Terakhir, Anda bisa mendiskusikan lomba yang akan anda ikuti dengan para ahli.

Jika Anda sudah belajar dari teori, diskusi perlu terjadi karena Anda sangat membutuhkan saran dari orang-orang yang sudah pernah melakukan hal yang sama.

Orang yang sudah memiliki pengalaman tentunya akan lebih paham dan mengetahui apa saja aspek penting yang mungkin belum Anda ketahui.

Jika anda sudah ahli dan sering kali ikut lomba kemudian ingin mengetahui lomba lagi apa yang menarik, anda bisa cek info lomba melalui Kabarlomba.com

Nah, Apakah Anda siap untuk mengambil bagian dalam kompetisi pertama? Terlepas dari hasilnya, menang atau kalah, Anda selalu memiliki kesempatan untuk belajar dan mengevaluasi. Nikmati dan tantang diri Anda!