Tips Sukses Tes TOEFL yang Wajib Untuk Diketahui

https://img.freepik.com/premium-photo/woden-blocks-with-magnifying-glass-text-toefl-test-english-as-foreign-language_384017-7125.jpg?w=740

Tes TOEFL (Test of English as a Foreign Language) adalah tes standar internasional yang digunakan untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris non-natif.

Tes ini penting bagi siswa atau profesional yang ingin melanjutkan pendidikan atau bekerja di luar negeri. Dan untuk saat ini, kamu juga sudah bisa mengikuti tes TOEFL online bersertifikat yang diadakan oleh Golden English.

Untuk sukses dalam tes TOEFL, berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu kamu:

Pelajari Format Tes

Sebelum memulai tes, pastikan untuk memahami format tes TOEFL. Pelajari bagaimana tes diatur dan berapa banyak waktu yang diberikan untuk setiap bagian tes.

Dengan memahami format tes, kamu dapat mengatur waktu dengan lebih baik dan menghindari kebingungan selama tes.

Berlatih Tes TOEFL

Setelah memahami format tes, berlatihlah dengan menggunakan contoh soal TOEFL. Ada banyak sumber daya online yang dapat membantu kamu dalam berlatih, seperti tes TOEFL gratis dan buku latihan TOEFL.

Berlatih secara teratur dapat membantu kamu mengembangkan kemampuan bahasa Inggris kamu dan meningkatkan kemampuanmu dalam menyelesaikan tes TOEFL.

Tingkatkan Kemampuan Membaca

Salah satu bagian tes TOEFL adalah membaca. Untuk meningkatkan kemampuanmu dalam membaca, mulailah membaca artikel bahasa Inggris dan bacaan lainnya secara rutin.

Ini akan membantumu memperluas kosakata bahasa Inggris kamu dan memperbaiki pemahamanmu tentang bahasa Inggris.

Tingkatkan Kemampuan Menulis

Bagian tes TOEFL lainnya adalah menulis. Untuk meningkatkan kemampuan menulismu, latihan menulis esai bahasa Inggris secara teratur.

Pilih topik yang berbeda dan mulai menulis. Berlatih menulis esai akan membantu kamu memperbaiki kemampuan menulis kamu dan membantumu mengatur pikiranmu dengan baik.

Tingkatkan Kemampuan Mendengarkan dan Berbicara

Dalam tes TOEFL, kamu juga akan diuji dalam kemampuan mendengarkan dan berbicara. Untuk meningkatkan kemampuan mendengarkan, tonton film atau video dalam bahasa Inggris dan dengarkan podcast bahasa Inggris secara teratur.

Untuk meningkatkan kemampuan berbicara, latihan berbicara dengan teman atau tutor bahasa Inggris.

Kelola Waktu dengan Baik

Kelola waktu dengan baik selama tes TOEFL. Pastikan kamu menyelesaikan setiap bagian tes sebelum waktu yang ditentukan habis. Jika kamu kesulitan dalam sebuah bagian tes, jangan habiskan terlalu banyak waktu di sana.

Sebaliknya, fokuskan perhatianmu pada bagian tes yang lain dan kembali ke bagian tersebut pada akhir tes jika masih memiliki waktu tersisa.

Jangan Lupa Istirahat

Jangan lupa untuk istirahat sebelum tes TOEFL. Pastikan kamu tidur cukup dan memakan makanan yang sehat. Ini akan membantumu tetap fokus dan konsentrasi selama tes.

Dalam kesimpulannya, sukses dalam tes TOEFL memerlukan persiapan dan latihan yang tepat. Pelajari akan format tes, berlatih, dan meningkatkan kemampuan bahasa Inggris. Selain itu, juga penting untuk mengelola waktu dengan baik selama tes dan memperhatikan kesehatan fisik dan mentalmu.